Proses belajar memerlukan suatu pendekatan mengajar, maka pendekatan mengajar yang saya gunakan adalah dengan pendekatan metode saintifik, yaitu langkah langkah ilmiah yang harus ditempuh dalam menerima pengetahuan, pendekatan saintifik sendiri merupakan prosedur dalam metakognitif dimana sesuatu ide di masukan melalui tahapan tahapan berjenjang sehingga terjadi proses berfikir yang lebih rasional, tahapan berfikir ilmiah bagi siswa merupakan tahapan yang seharusnya menyenangkan bagi siswa. Rasa ingin tahun siswa ditimbulkan melalui rasangan rasangan aliran informasi, membangkitkan rasa ingin tahu siswa merupakan kunci dari berfikir ilmiah, membangkitkan rasa ingin tahu merupakan sebuah kunci menuju ke tingkat berfikir metakognitif. bagi saya melakukan prosedur berfikir ilmiah adalah upaya membangkitkan rasa ingin tahu siswa. Proses pertama Mencari atau menelusuri informasi melalui bahan bacaan, siswa diwajibkan untuk membaca 15 menit , tujuan membaca agar siswa terbiasa mencari informasi yang mereka butuhkan, membaca juga kunci ke pintu gerbang pengetahuan, kedua dilanjutkan bertanya, setelah mencari informasi kemudian siswa dibiasakan untuk membangkitkan rasa ingin tahu dengan bertanya, misalnya setiap siswa mengajukan satu pertayaan untuk dijawab. proses, berikutnya mengumpulkan data / informasi dimana diarahkan untuk mendiskusikan beberapa temuan dari mencari serta bertanya bisa juga diarahkan untuk membuat beberapa pengamatan lapangan. terakhir langkah kelima Kesimpulan dimana setelah semua langkah dilalui maka siswa diminta menyimpulkan mengenai apa yang telah dipelajari dalam pertemuan kali ini. diharapkan pendekatan saintifik mampu membuat siswa mengembangkan cara berfikir yang lebih baik, mengembangkan kemampuan berfikir yang lebih tinggi sehingga kedepan siswa mampu menyelesaikan permasalahan hidup yang dihadapinya dengan lebih cerdas dan lebih baik lagi. pendekatan belajar saintifik perlu dipadukan juga dengan pendekatan perbaikan ahlak siswa dengan pendidikan budi perkerti,perbaikan ahlak siswa sama pentingnya dengan pembangunan nalar manusia melalui metakognitifnya.