Sunday, October 9, 2016

Kemampuan Siswa mempelajari hal hal baru serta memiliki keterampilan berfikir sebagai life skills

hermandaulay


Seiring dengan perputaran waktu yang kian cepat, dunia ilmu pengetahuan cepat berubah setiap saat setiap waktu. Apa yang kita pelajari hari ini akan cepat berubah seiring dengan penemuan penemuan baru yang terus terjadi setiap saat. Apa yang sebaiknya kita ajarkan kepada siswa tentulah hal hal yang mendasar seperti keterampilan mempelajari hal hal yang baru serta keterampilan berfikir sebagai life skills peserta didik.

Penemuan penemuan baru, inovasi baru, produk baru, pemikiran baru setiap hari terus bermunculan dalam kehidupan umat manusia dewasa ini. Apa yang kita pelajari saat ini bisa saja berubah disaat yang akan datang, apa yang diyakini sekarang sebagai fakta ilmu pengetahuan belum tentu dimasa akan datang juga sebagai fakta ilmu pengetahuan. Semua bentuk perubahan yang terjadi menuntut individu untuk mampu mempelajari perubahan serta terampil berfikir secara cepat dan fokus serta terarah.

Peserta didik perlu diajarkan cara cara mempelajari hal hal baru serta keterampilan berfikir, bagaimana individu mampu mempelajari perubahan perubahan baru secara cepat serta terampil dalam berfikir . Membiasakan individu untuk memiliki kemampuan dalam mempelajari hal hal baru serta terampil dalam berfikir memerlukan suatu metode yang mampu membuat individu memiliki kemampuan karena dalam mempelajari hal baru serta terampil berfikir, individu harus mampu dilakukan sendiri oleh individu karena jelas tidak ada guru atau mentor dalam kehidupan selepas mengenyam pendidikan formal.

Memberi pemahaman kepada peserta didik bahwa mereka harus mengalami belajar sepanjang hayat, tidak ada kata akhir belajar dalam kehidupan dunia modren saat ini. Bahwa kehidupan mereka akan selalu dikelilingi oleh sesuatu yang baru dimana suka atau tidak suka individu yang ingin mengaksesnya haru mempelajari secara cepat dan mampu menjalankan dalam kehidupan sehari hari.

Memberi life skills dan keterampilan berfikir dalam mempelajari hal hal baru kepada peserta didik adalah tool yang seharusnya menjadi dasar dalam kurikulum. Tujuan tujuan pembelajaran haruslah disertai dengan hal hal yang berkaitan dengan tools life skills, sehinga peserta didik memahami konsep life skills yang mendasari kehidupan manusia modren dewasa ini. 
Share:

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Recent Posts

Unordered List

Pages

hermandaulay. Powered by Blogger.

Ads Top

Featured post

Bersiap Diri Menghadapi UKG 2016

hermandaulay Ujian Kompetensi Guru (UKG) 2016 akan dilaksanakan pada bulan November 2016. Ujian kompetensi guru menguji kemampuan guru ba...

Total Pageviews

Blog Archive

Recent

Search This Blog

Comment

Business

Flickr Widget

Breaking News

Beauty

Text Widget

About Syed

My Photo
Ingin memahami sesuatu dengan baik

Formulir Kontak



Followers

Recent

Comments

Most Recent

Random Posts

Facebook

Follow US on Google+

Popular Posts