Thursday, October 20, 2016

Pengaruh Teknologi Informasi dan Komunikasi Terhadap Warga Sekolah


Teknologi informasi dan komunikasi sekarang secara luas diterapkan pada dunia pendidikan kita. Dari ujian nasional berbasih komputer secara online, program guru pembelajar online, pendataan siswa secara online, pembelajaran melalui kelas maya, mengumpulan data pokok pendidikan berbasis web, bahkan ujian kompetensi guru dilakukan secara online, serta masih ada beberapa kegiatan lain yang dilakan guru dan siswa, dengan mengunakan laptop serta infokus di sekolah. Secara umum air bah teknologi dan komunikasi telah melanda dunia pendidikan kita. Guru dan siswa harus melek yang namanya internet dan mampu mengunakan laptop sebagai kelengkapan belajar mengajar maupun dalam administrasi guru/siswa serta memahami pemakaian internet dengan baik.

Guru maupun siswa harus  melek mengunakan perangkat teknologi informasi dan komunikasi seperti laptop, modem, wifi, internet. Mengapa demikian karena baik guru maupun siswa sekarang dipaksa untuk berinteraksi dengan perangkat teknologi informasi dan komunikasi.

Guru dihadapkan pada ujian kompetensi guru online dimanan ujian dilaksanakan secara online dengan mengunakan perangkat komputer, kemudian guru juga dihadapkan kepada program guru pembelajar dimana guru guru harus belajar secara online dengan menguankan jaringan internet, Guru juga harus melek informasi melalui jaringan internet dalam melengkapi bahan ajar guru ke siswa.

Siswa juga tak kalah repot dengan adanya kelas maya, informasi nomor induk siswa nasional berbasis web, dibeberapa sekolah sudah dilaksanakan ujian nasional berbasi komputer, siswa juga dibeberapa sekaolah diharuskan mampu mencari bahan pelajaran di internet, lalu mempresentasikan didepan kelas dengan laptop dan infokus dibeberapa sekolah.

Kepala sekolah serta perangkat tata usaha harus melek dalam pengunaan teknologi informasi. Banyak keputusan kemeterian pendidikan disebarkan melalui web kementerian pendidkan dan juga melalui email. Jarang sekarang dijumpai kiriman surat dari dinas kepada kepala sekaloah kebanyakan melalui email. Bagi tata usaha tentu saja sekarang harus melek komputer dan internet karena segala macam laporan harus diketik komputer dan dikirimkan secara file komputer maupun  hard cover. Bahkan pelaporan mengenai data keseluruhan sekolah sekarang dapat kita lihat di web dapodikdasmen.go.id dihalaman web tersebut terdapat semua data yang terkait degan sekolah dari kepala sekolah, guru, tata usaha, fisk sekolah, siswa semua ada datanya disana.

Dampak positif ada banyak bagi dunia pendidikan cepat dan mudah dalam memperoleh informasi, melimpahnya sumber belajar. Dampak positif lain bagi dunia pendidikan guru dan peserta didik jadi melek teknologi dan inforamsi. Manfaat secara lebih spesifik adanya suatu kondisis belajar yang lebih cepat dan bahan ajar lebih lengkap dan lebih menarik. Guru dan siswa dapat belajar bersama sehingga terciptanya suatu masyarakat belajar.

Dampak negatif bagi kalangan dunia pendidikan ketidaksiapan dunia pendidikan dalam memasuki era teknologi informasi sehingga air bah informasi melanda siswa dan guru kepada informasi informasi yang negatif yang merusak siswa dan guru. Banyaknya informasi yang tak layak konsumsi bagi peserta didik merupakan masalah utama saaat ini, belum lagi ternyata siswa lebih tertarik untuk bermain game online daripada memeprluas pencarian mereka pada bahan pelajaraan. siswa dan guru banyak menghabiskan waktu main game online daripada belajar tentu hal ini akan membawa dampak buruk bagi siswa dan guru itu sendiri.


Share:

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Recent Posts

Unordered List

Pages

hermandaulay. Powered by Blogger.

Ads Top

Featured post

Bersiap Diri Menghadapi UKG 2016

hermandaulay Ujian Kompetensi Guru (UKG) 2016 akan dilaksanakan pada bulan November 2016. Ujian kompetensi guru menguji kemampuan guru ba...

Total Pageviews

Blog Archive

Recent

Search This Blog

Comment

Business

Flickr Widget

Breaking News

Beauty

Text Widget

About Syed

My Photo
Ingin memahami sesuatu dengan baik

Formulir Kontak



Followers

Recent

Comments

Most Recent

Random Posts

Facebook

Follow US on Google+

Popular Posts