Friday, August 19, 2016

Evolusi Warung Kopi Menjadi Coffee Shop di Aceh

hermandaulay


Warung kopi Aceh menjadi terkenal karena lelaki aceh suka menghabiskan waktu disana, warung dipenuhi para kaum ayah untuk sarapan dan minum kopi, sekalipun di rumah ada kopi namun ngopi tetap di warung kupi sambil ngobrol bersama rekan lain, sampai menghabiskan malam bersama dengan ngobrol lagi. ketika para ibu bekerja di sawah sang ayah sering berada di warung kopi terlebih dahulu , maka kadang terlihat kaum ibu lah yang bekerja sedang kaum ayah duduk di warung kopi.

Warung kopi hanya meyediakan bangku meja serta asbak rokok, dengan ruangan seadanya tanpa kipas angin, ukuran warung kopi biasanya tidak terlalu besar, dengan kondisi seadanya, bahkan bisa dibilang berfasilitas minim, tidak memiliki pekerja kebanyakan dilayani sendiri oleh pemilik warung kopi.

Warung kopi menyediakan kopi saring serta beberapa kuliner khas Aceh. Warung kopi buka dari pagi hingga malam hari dimana menu yang ditawarkan di pagi hari biasanya berbeda. Pagi hari warung kopi biasa menyediakan menu sarapan nasi gurih serta mie lontong dan beberapa jenis kue. Selanjutnya menu sore biasa disediakan mie aceh dengan martabak telor berserta dengan pariasi kuliner lain. Warung kopi klasik menyediakan  kopi saring sebagai minuman khas yang selalu tersedia ditambah dengan minuman telur kocok serta jus. Fungsi lain warung kopi adalah tempat berkumpul dan bergaul. Ada istilah omongan warung kopi, membahas kehidupan desa sehari hari atau membicarakan politik serta sampai urusan bisnis



Seiring perkembangan jaman sekarang warung kopi diganti dengan  coffee shop moderen dimana suasana coffee shop Aceh memiliki tampilan moderen lengkap dengan dapur kopi yang elegan serta peralatan pembuatan kopi ekspreso. Coffee shop biasanya mendapat sentuhan dekorasi yang menarik anak muda untuk datang. Coffee shop juga menawarkan makanan yang lebih moderen dan lebih variatif bagi pencita kuliner muda. 


Fasilitas coffee shop sendiri dilengkapi dengan, wifi gratis beserta stop kontak , tv layar datar, infokcus, music, siaran langsung olah raga seperti sepak bola, bahkan ada juga live musik serta karoke keluarga. Coffee shop memiliki banyak pelayan serta peracik kopi yang handal, sehingga tercipta kopi nikmat.

Perlu disadari telah terjadi perubahan gaya hidup orang muda Aceh, dalam menikmati kopi, gaya hidup baru kaum muda tentu diharapkan tidak berdampak negatif bagi budaya Aceh.

metuah
Share:

Popular Posts

Recent Posts

Unordered List

Pages

hermandaulay. Powered by Blogger.

Ads Top

Featured post

Bersiap Diri Menghadapi UKG 2016

hermandaulay Ujian Kompetensi Guru (UKG) 2016 akan dilaksanakan pada bulan November 2016. Ujian kompetensi guru menguji kemampuan guru ba...

Total Pageviews

Blog Archive

Recent

Search This Blog

Comment

Business

Flickr Widget

Breaking News

Beauty

Text Widget

About Syed

My Photo
Ingin memahami sesuatu dengan baik

Formulir Kontak



Followers

Recent

Comments

Most Recent

Random Posts

Facebook

Follow US on Google+

Popular Posts