Wednesday, August 3, 2016

Disparitas Pembangunan Wilayah

Ketimpangan pembangunan membawa pada kondisi perbedaan antar wilayah yang nyata. Pembangunan yang tidak merata pada wilayah memberikan kesan adanya perbedaan baik fisik maupun non fisik. Perbedaan yang sangat mencolok menimbulkan masalah yang kompleks bagi masyarakat. Membahas ketimpangan bertujuan melihat akibat jelek dari perbedaan pembangunan sarana dan prasarana bagi masyarakat dalam mendorong terjadi urbanisasi dan kecemburuan sosial bagi masyarakat.

Ketimpangan sarana fisik yang dimilki sebuah kota dari tata kota modren sampai sarana pendukung yang lengkap  sebuah kota misal sekolah yang bagus, pasar yang modren, saranan kesehatan yang lengkap sereta sarana transportasi yang mendukung kegiatan masyarakat . Pembangunan yang tidak merata dari  sarana yang diperlukan untuk mendukung kehidupan masyarakat menimbulkan pilihan. contoh sarana kota Idi dengan kota Langsa, sarana sekolah dikota langsa lebih lengkap dibandingkan kota Idi sehingga pegawai kabupaten aceh timur yang seharusnya tinggal dikota Idi, karena alasan tidak lengkapnya pasiltas pendukung di kota Idi maka para PNS Aceh timur masih banyak yang tinggal di Kota Langsa. contoh lain pasilitas kesehatan kota medan sangat lengkap dibanding dengan kota Banda Aceh apalagi kota langsa, sehingga orang banyak yang berobat ke kota medan.

Perbedaan pembangunan Desa Kota juga memberikan sumbangan bagi terciptanya urbanisasi. perpindahan penduduk dari desa desa ke kota karena sarana fisik desa yang sangat minim kemudian kurangnya lapangan pekerjaan di desa, maka akhirnya orang desa banyak yang pindah ke kota untuk menikmati indahnya kota serta untuk mendapatkan pekerjaan.

Dengan adanya dana desa diharapkan terjadinya pembangunan yang lebih merata dipedesaan. Pedesaan diharapkan memiliki sarana yang lebih baik, sehingga orang orang tidak tertarik lagi untuk berbondong bondong pindah ke kota. perimbangan pembagunan di desa harus dipacu sehingga perekonomian bergerak di desa dengan cepat.

metuah
Share:

Popular Posts

Recent Posts

Unordered List

Pages

hermandaulay. Powered by Blogger.

Ads Top

Featured post

Bersiap Diri Menghadapi UKG 2016

hermandaulay Ujian Kompetensi Guru (UKG) 2016 akan dilaksanakan pada bulan November 2016. Ujian kompetensi guru menguji kemampuan guru ba...

Total Pageviews

Blog Archive

Recent

Search This Blog

Comment

Business

Flickr Widget

Breaking News

Beauty

Text Widget

About Syed

My Photo
Ingin memahami sesuatu dengan baik

Formulir Kontak



Followers

Recent

Comments

Most Recent

Random Posts

Facebook

Follow US on Google+

Popular Posts