Wednesday, August 24, 2016

Gaya Belajar

hermandaulay
sumber : google.co.id

Manusia dilahirkan unik jadi tidak ada individu yang identik sekalipun dilahirkan kembar siam. Manusia mahluk pembelajar yang memiliki cara cara belajar yang unik agar mampu dan sukses dalam rangka proses memperkaya dan memperdalam ilmu. Agar sukses melakukan prose belajar maka harus paham apa gaya belajar yang dominan yang dimilik individu.Secara umum ada 3 gaya belajar yang dimiliki oleh manusia. Gaya belajar Visual, Audio, Kinestik

Kita mulai dengan gaya belajar Visual individu yang meiliki gaya belajar visual ini berfokus pada proses belajar dengan cara mengunakan kemampuan mata merekam jalan belajar individu, individu akan mudah mempelajarinya apabila menarik perhatiannya, apabila objek belajar berkesan pada tatapan mata, Kemampuan belaajar akan bertambah apabila bahan pelajaran dikemas dalam bentuk visual seperti Video, power point akan mempercepat proses belajar individu pada umumnya gaya visual ini d imiliki oleh individu namun kadang tidak terlalu dominan karena kurang konsentrasi.

Gaya audio individu memiliki cara memproses informasi melalui pendengaran ini banyak dialami oleh tunanetra sekalipun buta namun mereka mampu menghafal 30 jus Al Quran, Gaya belajar dengan mendengar ini membutuhkan konsentrasi yang tinggi dan tidak boleh orang pembosan karena individu harus terus menerus berkonsentrasi dalam proses belajar, sedikit saja ganguan bisa membuyarkan konsentrasi individu.

Berikutnya gaya belajar kinestik proses belajar melalui aktivitas gerak tubuh memegang, merasa, menirukan, demonstrasi, individu lebih mudah belajar dengan aktivitas fisik dari pada mendengar mapun melihat. proses belajar kinetik ini memang melelahkan namun menyenagkan bagi individu.

Dari 3 gaya belajar tersebut kebanyakan individu memiliki irisan dari ketiga gaya belajar tersebut, artinya memiliki tiga gaya namun tidak dominan  ada juga individu memiliki satu gaya yang dominan dalam dirinya, kadang kita ketemukan anak suka mengambar di buku catatnya, ada juga kita lihat siswa bersenandung ketika sedang belajar dikelas tampa disadarinya, yang paling capek melihat anak suka bergerak dalam kelas kesana kemari apalagi anak SD.

metuah
Share:

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Recent Posts

Unordered List

Pages

hermandaulay. Powered by Blogger.

Ads Top

Featured post

Bersiap Diri Menghadapi UKG 2016

hermandaulay Ujian Kompetensi Guru (UKG) 2016 akan dilaksanakan pada bulan November 2016. Ujian kompetensi guru menguji kemampuan guru ba...

Total Pageviews

Blog Archive

Recent

Search This Blog

Comment

Business

Flickr Widget

Breaking News

Beauty

Text Widget

About Syed

My Photo
Ingin memahami sesuatu dengan baik

Formulir Kontak



Followers

Recent

Comments

Most Recent

Random Posts

Facebook

Follow US on Google+

Popular Posts