Sunday, August 7, 2016

Need vs Want

sumber google.com

Ilmu ekonomi membicarakan masalah kelangkaan sumber daya. sumber daya yang langka mengakibatkan benda pemuas kebutuhan juga terbatas. Benda pemuas yang harus dimiliki manusia disebut kebutuhan.Benda pemuas kebutuhan beraneka ragam yang harus diperoleh dengan pengorbanan berupa uang, jumlah uang yang terbatas juga mengakibatkan jumlah benda pemuas kebutuhan térbatas.

Kebutuhan manusia beraneka ragam bentuk ekonom membagi kebutuhan kepada  :
1 Intensitas
2. Sifat
3. waktu
4. Subjek

Kebutuhan intensitas merupakan kebutuhan pokok seperti rumah, baju, makan, air, listrik tingkatan menurut intensitas ini dapat lagi dibagi menjadi
1. kebutuhan primer
2. kebutuhan sekunder
3 kebutuhan tersier

yang menarik dari ketiga tingkatan tersebut adalah apabila jumlah pendapatan meningkat maka yang dulunya barang tersebut kebutuhan sekunder dapat menjadi primer, begitu seterusnya apabila pendapatan seseorang tersebut lebih meningkat lagi yang dulunya barang tersebut tersier bisa saja menjadi barang primer.

kebutuhan menurut sifat dibagi dua yaitu kebutahan jasmani dan rohani.

kebutuhan menurut waktu dibagi dua sekarang dan akan datang

kebutuhan menurut subjek dibagi dua barang publik dan barang privat

Kemudian keinginan adalah apabila kita lihat dari sisi pendapatan adalah benda pemuas kebutuhan yang belum masuk dalam batasan pendapatan kita itu disebut dengan keinginan. Keinginan manusia sangat banyak dan beraneka ragam namun benda pemuas kebutuhan terbatas dan juga pendapatan atau uang juga terbatas.

Kebutuhan dan keinginan manusia saling berkejaran, sesuatu yang sudah kita miliki dengan susah payah dan sudah menjadi keinginan kita sejak lama begitu sudah kita dapatkan namun tidak berapa lama kemudian timbul kebutuhan dan keinginan kita yang lain lagi seperti tidak habis habisnya saling berkejaran entah sampai kapan ?

Masalah ekonomi menjadi rumit dan pelik sehingga timbul inflasi, harga harga melambung, terjadi kelangkaan barang sampai timbulnya perang dari perang jaman dahulu, perang saudara, perang nuklir diakibatkan dari memperebutkan kebutuhan dan memenuhi keingianan manusia.

Kebutuhan  hidup enak dengan segala macam kemudahan memberikan ide kepada manusia untuk mengunakan orang lain, kemudian apabila manusia memiliki keinginan yang luar biasa maka,manusia akan menempuh berbagai cara guna mendapatkan sesuatu tersebut. Keinginan yang tidak terkendali dapat menghancurkan umat manusia manusia sebagai mahluk sosial dan mahluk ekonomi harus seiring sejalan namun manusia yang dikuasai oleh keinginan maka ia akan menjadi mahluk ekonomi yang mengerikan, demikian

metuah

Share:

Popular Posts

Recent Posts

Unordered List

Pages

hermandaulay. Powered by Blogger.

Ads Top

Featured post

Bersiap Diri Menghadapi UKG 2016

hermandaulay Ujian Kompetensi Guru (UKG) 2016 akan dilaksanakan pada bulan November 2016. Ujian kompetensi guru menguji kemampuan guru ba...

Total Pageviews

Blog Archive

Recent

Search This Blog

Comment

Business

Flickr Widget

Breaking News

Beauty

Text Widget

About Syed

My Photo
Ingin memahami sesuatu dengan baik

Formulir Kontak



Followers

Recent

Comments

Most Recent

Random Posts

Facebook

Follow US on Google+

Popular Posts