Saturday, November 12, 2016

Ada apa dengan siswa kita ?


Ada apa dengan siswa ? sebuah pertanyaan yang muncul di benak saya belakangan ini. Bukan hanya pengalaman dalam kelas waktu mengajar namun ketika diskusi dengan rekan sejawat guru lain pun terasa seperti ada yang jangal mengenai perilaku siswa. Dari perilaku siswa engan mencatat dan tidak bikin pr, suka cabut, banyak alpa, datang terlambat itu sudah hal yang biasa. Ada juga yang berat merokok, berantem, melawan guru serta masih banyak hal negatif lain yang bisa kita jumpai dalam kelas maupun di luar kelas. Sampai ada siswa yang berani membawa wartawan hanya gara gara dia terlambat lalu tidak di beri masuk ke sekolah sampai jam berikutnya. Masih banyak prilaku siswa lainya yang kadang di luar akal pikiran kita  kok bisa di lakukan siswa. Apa pantas siswa berperilaku demikian ?

Perilaku Siswa yang paling meyebalkan tapi sangat merisaukan adalah menggangap belajar tidak perlu, angap enteng dengan guru. Saya pikir dulu mungkin karena sekolah berada di pingiran lalu begitulah cara lingkungan berfikirnya. Namun dari informasi rekan sejawat guru yang tergabung dalam MGMP ternyata sama saja baik sekolah yang favorit maupun tidak yang begitu terutama anak jurusan IPS.

Kasus kasus guru di pukul siswa sekarang pun kian marak terjadi, muka guru berdarah, lembam merupakan cerita biasa pada jaman sekarang ini. Guru dipukul orang tua siswa juga sering terjadi. belum lagi guru di penjara karena menghukum siswa. Padahal niat guru tersebut agar siswa tidak kembali melakukan kesalahan yang sama.

Belum lagi perilakuk siswa yang meyimpang seperti sek bebas, narkoba yang sangat mengkuatirkan. Pergaulan siswa siswi yang cenderung lebih bebas dewasa ini, kadang mereka sangat mesra berboncengan, dan sering menampilkan foto foto mesra di media sosial, belum lagi anak anak yang yang terjerat narkoba. Bagi yang terjerat narkoba tentu menjadi masalah yang berat bagi guru, karena sang siswa dibawah pengaruh obat obatan terlarang, sehingga mungkin saja itu menyebabkan perlakuan meyimpang siswa jaman sekarang.

Ada apa dengan siswa kita tentu menjadi sebuah pertanyaan yang penting untuk di jawab karena prilakau siswa yang menyimpang perlu ada penangan baik dari kita guru maupun orang tua siswa. Prilaku siswa yang menyimpang memerlukan penagan yang serius baik guru, orang tua, kepala sekolah maupun lingkungan sekolah, karena siswa adalah calon pemimpin masa depan. 
Share:

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Recent Posts

Unordered List

Pages

hermandaulay. Powered by Blogger.

Ads Top

Featured post

Bersiap Diri Menghadapi UKG 2016

hermandaulay Ujian Kompetensi Guru (UKG) 2016 akan dilaksanakan pada bulan November 2016. Ujian kompetensi guru menguji kemampuan guru ba...

Total Pageviews

Blog Archive

Recent

Search This Blog

Comment

Business

Flickr Widget

Breaking News

Beauty

Text Widget

About Syed

My Photo
Ingin memahami sesuatu dengan baik

Formulir Kontak



Followers

Recent

Comments

Most Recent

Random Posts

Facebook

Follow US on Google+

Popular Posts