Thursday, November 10, 2016

Apakah masih relepan guru sebagai pahlawan tanpa tanda jasa



Hari ini 10 November diperingati sebagai hari pahlawan. Pada hari pahlawan ini berbagai macam bentuk kegiatan dilaksanakan guna memperigati misal mengunjungi makam pahlawan, upacara bendera, berkunjung ke pada vetran pahlawan, masih banyak lagi jenis kegiatan lainnya. Guru juga dikenal dengan pahlawan tanpa tanda jasa masih relepankah sebutan tersebut bagi guru mengingat guru sekarang ini sebuah profesi.

Guru sebagai pahlawan tetu saja masih akan terus melekat dalam kata guru, terutama bagi peseta didik yang berhasil dalam menempuh pendidikan serta merubah nasib kearah yang lebih baik. Guru merupakan agen perubahan dalam kehidupan seorang manusia, dimana guru mengubah dari tidak tahu menjadi tahu, dari tidak bisa menjadi bisa.

Guru sebagai profesi memberi makna sebuah pekerjaan yang dilakukan secara profesional. Untuk menjadi profesional maka seorang guru haruslah mendapatkan beberapa pendidikan keahlian dalam waktu tertentu, sehingga keahliannya dalam mendidik diakui oleh lembaga profesi guru. Oleh karena itu guru dapat layak dinyatakan profesional. Ketika guru menjadi profesional apakah pekerjaan sebagai guru tidak layak untuk mendapat tambahan penghailan. Apakah kalau prediket pahlawan tanpa tanda jasa maka guru tidak layak mendapat tambahan penghasilan. Padahal guru sudah profesional dalam mengajar.

Bagi sebahagian kalangan masilah menginginkan guru sebagai pahlawan tanpa tanda jasa yang jangan terlalu banyak menuntuk pendapatan meneurut mereka akan menjadi kurang iklas dalam mengajar nantinya. Guru haruslah menjadi menjadi profesi non profit guna mendapat kualitas mengajar yang baik.

Disisi lain tentu saja guru berharap peningkatan penghasilan karena mereka telah melakukan pekerjaan secara profesional seperti pekerjaan laian, dan guru merasa berhak mendapat pendapatan yang lebih besar dibanding beebrapa puluh tahun yang laul. Syukur pemerintah pemberi tunjangan profesi guru sastu kali gaji bagi guru bersertifikasi. Tunjangan ini pun banyak di permasalahkan oleh pns lainnya sehingga sampai ada seorang pegawai pns dinas pendidikan pati yang mengajukan judisial review terhadap TPG guru ini sunguh sangat ironis tentunya.


Guru akan selalu relepan menjadi pahlawan tanpa tanda jasa bagi peserta didik baik yang berhasil maupun tidak. Secara umum guru menyumbang kemajuan besar bagi negara ini karena menjadi agen perubahan individu serta masyarakat Indonesia. Keberhasilan suatu bangsa ditentukan oleh seberapa baik sumber daya para guru, semakin baik sumber daya guru semakin maju suatu bangsa, selamat hari pahlawan 10 November 2016
Share:

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Recent Posts

Unordered List

Pages

hermandaulay. Powered by Blogger.

Ads Top

Featured post

Bersiap Diri Menghadapi UKG 2016

hermandaulay Ujian Kompetensi Guru (UKG) 2016 akan dilaksanakan pada bulan November 2016. Ujian kompetensi guru menguji kemampuan guru ba...

Total Pageviews

Blog Archive

Recent

Search This Blog

Comment

Business

Flickr Widget

Breaking News

Beauty

Text Widget

About Syed

My Photo
Ingin memahami sesuatu dengan baik

Formulir Kontak



Followers

Recent

Comments

Most Recent

Random Posts

Facebook

Follow US on Google+

Popular Posts