Monday, September 26, 2016

Data Peserta Didik teridentifikasi Berganda Kaitan dengan Dana BOS serta jumlah Siswa per Rombel

hermandaulay
http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/berita/daftar-sekolah-teridentifikasi-peserta-didik-berganda-tahun-ajaran-2016-2017

Baru baru ini halaman web DAPODIKDASMEN   merilis daftar sekolah Teridentifikasi Peserta Didik Berganda tahun Ajaran 2016/2017. Data web Dapodikdasmen ada 45 juta peserta didik, Daftar ini memuat nama sekolah dari Aceh sampai Papua bahkan sampai luar negeri yaitu sekolah Indonesia di Arab saudi  teridentifikasi memiliki siswa berganda. Kalau dilihat daftar ini sangat panjang yaitu 12.691 urut dobel baris halaman pada aplikasi Excel. Kemungkinan cuma data sampling yang dimunculkam pada rilis kali ini untuk memberitahu kita agar berhati hati serta jujur mengenai jumlah peserta didik di sekolah masing masing.

Daftar tersebut merilis nama sekolah yang teridentifikasi memiliki peserta didik berganda. Peserta didik berganda ini kalau dilihat dari daftar nama siswa dan orang tua sama namun NISN berbeda dan berada di dua sekolah berbeda, namun bisa juga pada satu sekolah seorang anak terdapat di dua kelas berbeda.

Data peserta didik teridentifikasi berganda ini mungkin saja karena hal teknis seperti waktu naik jenjang dari  jenjang lebih rendah ke jenjang lebih tinggi data ditingkat yang lebih rendah masih aktif, atau ketika peserta didik pindah dari satu sekolah ke sekolah lain. atau siswa pindah dari saru kelas ke kelas yang berbeda. semua hal teknis diatas merupakan hal yang wajar apabila masih terdapat data siswa berganda.

Namun ada hal yang mesti juga diperhatikan yaitu kaitan siswa dengan aliran dana Bantuan Operasional Sekolah serta juga berhubungan dengan jumlah siswa per rombongan belajar. Jumlah siswa akan menentukan jumlah uang bantuan operasional sekolah, makin banyak siswa makin besar uang BOS yang diterima sekolah disini tentu saja rawan dalam masalah siswa siluman yaitu ada nama tidak ada siswa. Keberadaan siswa siluman ini tentu saja perbuatan pidana karena ini adalah manipulasi jumlah siswa.

Jumlah siswa dalam satu rombongan belajar atau dalam satu kelas untuk sma adalah 20 siswa, apabila jumlah siswa perobel ini tidak tercapai maka juga punya dampak terhadap guru guru yang mengajar pada kelas tersebut, karena jam guru tersebut tidak akan diakui dalam pelaporan data sertifikasi guru oleh sistem dapodikdasmen sehingga siswa siluman tentu saja sering terjadi pada kasus ini.

Semoga data siswa teridentifikasi berganda ini hanya merupakan kesalahan karena belum dilakukan sinkronisasi sehingga akibat daftar diatas tidak akan membawa kepada masalah yang lebih jauh yaitu masalah pidana karena adanya data siluman.


Share:

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Recent Posts

Unordered List

Pages

hermandaulay. Powered by Blogger.

Ads Top

Featured post

Bersiap Diri Menghadapi UKG 2016

hermandaulay Ujian Kompetensi Guru (UKG) 2016 akan dilaksanakan pada bulan November 2016. Ujian kompetensi guru menguji kemampuan guru ba...

Total Pageviews

Blog Archive

Recent

Search This Blog

Comment

Business

Flickr Widget

Breaking News

Beauty

Text Widget

About Syed

My Photo
Ingin memahami sesuatu dengan baik

Formulir Kontak



Followers

Recent

Comments

Most Recent

Random Posts

Facebook

Follow US on Google+

Popular Posts