Thursday, September 29, 2016

Guru Pembelajar Dalam Jaringan

hermandaulay


Bapak ibu guru lagi di sibukan oleh program guru pembelajar yang dicetuskan oleh kementerian pendidikan dimasa Bapak Anies Baswedan. Hasil ujian kompentensi guru dilaporkan kepada guru dalam bentuk rapor. Ada 10 kompetensi dimana setiap guru akan mendapat penilaian berapa kompetensi yang mencapai nilai KKM atau kelulusan, Dalam bentuk lain dapat dinyatakan berapa buah merah yang diperoleh guru menjadi dasar pelatihan guru pembelajaran model apa yang diperolehnya.

Bagi guru hanya merah 0-2 ncalon instruktur, kemudian 3-5 pelatihan kombinasi tatap muka dengan online, 6-10 pelatihan tatap muka atau luar jaringan. Secara umum Semua informasi mengenai guru pembelajaran ini masih diperoleh dari informasi secara online. Masih banyak juga rekan guru yang belum mampu login sendiri ke akun guru pembelajar. Secara konsep model pembelajaran guru pembelajar untuk meningkatkan kompetensi guru sangat modren serta memerlukan perangkat jaringan yang handal.

Bagi saya Guru pembelajar merupakan langkah  untuk meningkatkan profesional guru. Namun untuk itu harulah dilakukan secara bertahap karena ada 2.900.000 orang guru yang terlibat dalam program guru pembelajar ini.

Lebih lanjut mengenai cara belajar bagi yang rapor UKG nya 3-5 merah adalah dengan model pembelajaran dalam jaringan. Model pembelajaran dalam jaringan ini  menitik beratkan belajar pada kelass maya dimana peserta belajar dengan mentor dijembatani melalui jaringan internet. Baik belajar sampai melaporkan hasil belajar pun melalui email.

Kata kawan saya dari Maluku sunguh mati, rekan guru dengan model belajar daring ini menyatakan lebih bagus belajar tatap muka saja seperti yang merah 7-10 daripada harus ikut cara belajar online. Masuk kedalam akun guru pembelajar aja tidak paham mereka.
Share:

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Recent Posts

Unordered List

Pages

hermandaulay. Powered by Blogger.

Ads Top

Featured post

Bersiap Diri Menghadapi UKG 2016

hermandaulay Ujian Kompetensi Guru (UKG) 2016 akan dilaksanakan pada bulan November 2016. Ujian kompetensi guru menguji kemampuan guru ba...

Total Pageviews

Blog Archive

Recent

Search This Blog

Comment

Business

Flickr Widget

Breaking News

Beauty

Text Widget

About Syed

My Photo
Ingin memahami sesuatu dengan baik

Formulir Kontak



Followers

Recent

Comments

Most Recent

Random Posts

Facebook

Follow US on Google+

Popular Posts