Tuesday, September 27, 2016

Pentingnya Data Pendukung untuk Menegenal Peserta Didik dengan Baik

hermandaulay

Mengenal peserta didik dengan baik dalam kelas maupun diluar kelas. Peserta didik dalam satu kelas minimum 20 orang siswa untuk tingkat sekolah menegah atas. Jumlah siswa kadang lebih dari 20 orang siswa. kemudian jumlah kelas yang diasuh pun minimal 6 kelas untuk 24 jam mengajar selama satu minggu. setidaknya siswa yang harus kita kenal paling sedikit 120 orang siswa. Banyak Masalah masalah yang terjadi dalam satu kelas yang ditimbulkan oleh prilaku siswa. Mengenal siswa dengan lebih baik akan bisa membantu menyelesaikan masalah masalah yang ditimbulkan oleh siswa itu sendiri.

Dengan latar belakang ragam siswa yang berbeda beda tentu saja sulit untuk mengenal peserta didik dengan baik. Sebenarnya diperlukan beberapa data pendukung mengenai peserta didik yang harus disediakan oleh pihak kesiswaan kepada wali kelas maupun setiap guru bidang studi. Data data demografi serta gambaran umum siswa haruslah dimiliki, Selain data demografi, data mengenai catatan riwayat siswa haruslah juga dimilki.

Ada banyak data peserta didik diperlukan untuk menegenal peserta didik bukan kenal hanya sekedar nama peserta didik namun kadang data alamat peserta didik pun tidak tersedia. Seharusnya data data peserta didik wajib ada dan di distribusikan kepada semua guru yang terlibat dalam satu kelas. Tanpa itu semua yang ada adalah suatu kondisi yang menyulitkan dalam menghadapi peserta didik.

Mempelajari peserta didik dari data demografi siswa serta catatan riwayat siswa akan dapat mempermudah mengklasifikasi siswa kedalam kelas kelas serta hal hal teknis lain yang timbul akibat dari prilaku peserta didik yang meyimpang dapat diatasi segera oleh guru bidang studi maupun wali kelas.

Setelah kita memiliki data siswa barulah kita sambil berjalan waktu mengenal profil siswa dengan lebih baik, peserta didik dapat kita identifikasi dengan lebih spesifik menegani kecenderungan yang dimiliki terutama masalah masalah dalam kesulitan belajar dalam kelas.

Membangun data profil peserta didik yang lengkap tentulah diperlukan upaya sungguh sungguh karena mengumpulkan data dan menginput sehingga menjadi data profil peserta didik yang siap digunakan. Membangun data profil peserta didik dapat di integrasikan dengan menarik data dasar dari data dapodikdasmen sehingga terjadi singkronisasi data dan dapat digunakan secara berkesinambungan. Sehingga nantinya kita dapat mengenal prilakukan peserta didik dari data profil peserta didik yang berkesinambungan.
Share:

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Recent Posts

Unordered List

Pages

hermandaulay. Powered by Blogger.

Ads Top

Featured post

Bersiap Diri Menghadapi UKG 2016

hermandaulay Ujian Kompetensi Guru (UKG) 2016 akan dilaksanakan pada bulan November 2016. Ujian kompetensi guru menguji kemampuan guru ba...

Total Pageviews

Blog Archive

Recent

Search This Blog

Comment

Business

Flickr Widget

Breaking News

Beauty

Text Widget

About Syed

My Photo
Ingin memahami sesuatu dengan baik

Formulir Kontak



Followers

Recent

Comments

Most Recent

Random Posts

Facebook

Follow US on Google+

Popular Posts