Sunday, September 4, 2016

Fenomena Bunuh diri di Aceh

hermandaulay

Berita mengenai bunuh diri biasa kita dengar berasal dari negeri matahari terbit jepang yang tingkat bunuh diri tertinggi di dunia dan jepang juga terkenal dengan budaya harakiri bunuh diri karena merasa bersalah atas tidak kuat menangung malu. di Indonesia bunuh diri sering diberitakan pelakunya biasanya warga kota besar di Indonesia. bunuh diri semakin sering kita dengar beritanya dengan berbagai latar belakang sebab. bunuh diri di Aceh merupakan hal yang langka dan Islam melarang bunuh diri . namun di Aceh bunuh diri semakin sering kita dengar dan  menjadi Fenomena sosial yang mengerikan bagi masyarakat Aceh.

Fenomena sosial bagi masyarakat aceh terhadap perilaku warga aceh pelaku bunuh diri dari kecil orang aceh sudah dikasih tahu bahwa haram melakukan bunuh diri, dari kecil orang aceh sudah kenal dengan hukum agama, kemudian anak anak banyak yang belajar agama di dayah rasanya tidak ada ruang dan apapun alasannya  masalah yang dihadapi maka hadapi dengan ikhlas bukan malah bunuh diri.

Namun alangkah terkejutnya membaca serambi ada warga. aceh melakukan bunuh diri dengan melompat dari gedung tinggi ada yang mengantung diri dengan seutas tali. Fenomena bunuh diri di aceh menunjukan ada yang salah dalam masyarakat kita, dulu dulu kita tidak pernah dengar ada orang aceh bunuh diri sulit apapun masalah yang sedang dihadap, pasti masih ada rasa takut akan dosa, namun apa yang telah berlangsung ditengah masyarakat kita, apa yang menyebabkan orang buhuh diri.

Fenomena bunuh diri ini tentu harus dicegah jangan sampai meluas sehingga bunuh diri menjadi jalan baru bagi gaya hidup orang aceh. Ruang perubahan ekonomi sosial budaya yang cepat perlu diantisipasi agar dampak dampak sosial dapat dihadapi dan diatasi.




Share:

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Recent Posts

Unordered List

Pages

hermandaulay. Powered by Blogger.

Ads Top

Featured post

Bersiap Diri Menghadapi UKG 2016

hermandaulay Ujian Kompetensi Guru (UKG) 2016 akan dilaksanakan pada bulan November 2016. Ujian kompetensi guru menguji kemampuan guru ba...

Total Pageviews

Blog Archive

Recent

Search This Blog

Comment

Business

Flickr Widget

Breaking News

Beauty

Text Widget

About Syed

My Photo
Ingin memahami sesuatu dengan baik

Formulir Kontak



Followers

Recent

Comments

Most Recent

Random Posts

Facebook

Follow US on Google+

Popular Posts