Saturday, October 29, 2016

Belajar ikut prosedur/peraturan dengan BPJS


Menjadi peserta Askes maupun BPJS adalah ikut gotong royong dalam masalah kesehatan. Sebagai peserta BPJS kita juga diajarkan untuk patuh terhadap praturan dan prosedur. Sebagai peserta asuransi keshatan selain kita mempunyai kewajiban membayar iuran namun juga kita punya hak memperoleh layanan kesehatan secara bertahap berjenjang. Oleh karena itu sebagi peserta kita harus memahami prosedur agar kita bisa mendapatkan hak kita sebagai peserta Askes.

Sebagai peserta Askes/BPJS kita diajarkan tahapan tahapan yang harus kita lalui untuk dapat memperoleh layanan kesehatan dari layanan fasilitas kesehatan yang paling rendah din puskesma sampai di rujuk ke layanan kesehatan Rumah sakit besar baik kabupaten, provinsi, bahkan sampai ke Jakarta seperti RSCM, Rumah sakit Kanker, Rumah Sakit Jantung dan layanan rumah sakit khusus lainnya.

Ketika artikel ini dibuat saya sedang berada di sebuah kamar kelas I di Rumah Sakit H Adam Malik Medan karena mama saya operasi pasang ven pada tulang belakang. Diantara kesibukan merawat mama saya, saya juga berkesempatan memperhatikan pasien lain,serta hal hal lainnya. Yang menarik dari saya sebahagian besar keluarga pasien di RS H Adam Malik ini adalah rujukan dari berbagai daerah dan propinsi di sumatra.

Pasien yang datang dari berbagai kota ini dirujuk dari berbagai rumah sakit di daerah. Para keluarga pasien ini menyadari bahwa mereka harus ikut prosedur untuk mendapat layanan dari rumah sakit, dan saya melihat para keluarga pasien yang datang dari berbagai latar belakang yang berbeda beda mampu untuk mengikuti prosedur yang telah ditetapkan oleh pihak rumah sakit.

Saya melihat sekalipun demikian namun keluarga pasien mampu mengikuti prosedur serta peraturan yang telah ditetapkan oleh rumah sakit. Prosedur yang lumayan rumit pun untuk mendapat pelayanan khusus seperti layanan darah, kemoterapi, operasi serta hal yang lain lagi bisa dan mampu di laksanakan oleh keluarga pasien tanpa mengalami komplit dengan para petugas sehingga keluarga pasien bisa mendapat layanan kesehatan yang dibutuhkan.

Jadi BPJS juga berperan mendidik masyarakat untuk mampu menggikuti peraturan secara tepat dan patuh sehingga antara keluarga pasien, petugas kesehatan serta rumah sakit bisa saling bersinergi. Tenyata masyarakat bisa juga patuh dan ikut antrian apabila memang seperti itulah yang dikendaki oleh pihak manajen rumah sakit.
Share:

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Recent Posts

Unordered List

Pages

hermandaulay. Powered by Blogger.

Ads Top

Featured post

Bersiap Diri Menghadapi UKG 2016

hermandaulay Ujian Kompetensi Guru (UKG) 2016 akan dilaksanakan pada bulan November 2016. Ujian kompetensi guru menguji kemampuan guru ba...

Total Pageviews

Blog Archive

Recent

Search This Blog

Comment

Business

Flickr Widget

Breaking News

Beauty

Text Widget

About Syed

My Photo
Ingin memahami sesuatu dengan baik

Formulir Kontak



Followers

Recent

Comments

Most Recent

Random Posts

Facebook

Follow US on Google+

Popular Posts