Monday, October 3, 2016

Dunia pendidikan di Langsa memang masih belum merata, akhirnya beberapa Sekolah mengalami keterpurukan

heremandaulay

sumber : google.co.id

Dunia Pendidikan  di Kota langsa memang masih belum merata. Disparitas atau ketimpangan terjadi pada dunia pendidikan Kota Langsa yang pada akhirnya beberapa Sekolah mengalami ketepurukan. Keberpihakan Pada sekolah favorit meyebabkan infrastruktur bangunan, guru, keuangan serta kebijakan lebih menguntukan sekolah favorit yang jumlahnya bisa dihitungan dengan 2 jari saja.Pada akhirnya sekolah sekolah non favorit mengalami banyak masalah serta terpuruk. Mengapa disparitas dapat terjadi dan dapatkan disparitas dapat dihilangkan pada dunia pendiidkan kota langsa, 

Belum merata sarana dan prasarana di masing-masing sekolah dari ruang kelas, laboratorium, perpustakaan, katin alat peraga serta kelengkapan lain menimbulkan ketimpangan yang mencolok antara sekolah favorit dengan sekolah non favorit. Sekolah favorit miliki banyak peserta didik, satu rombongan belajar bisa di isi diatas 30 orang siswa, dan memiliki jumlah rombongan belaajar diatas 30 rombongan belajar.

Akibatnya sekolah non favorit,sekolah pingiran memiliki masalah yang mencemaskan yaitu kurang peserta didik dalam satu ruangan belajar. satu ruangan belajar memiliki kuran dari 20 orang sedangkan jumlah romabongan belajar kuran dari 24 lokal. Bukan hanya kurang peserta didik, Sarana prasarana di sekolah non favorit atau pingiran pun sangat minim, dari jumlah guru, laboratorium, perpustakan, internet bahkan kamar mandi saja sangat kurang serta yang paling menyesakan dada kurang uang untuk kegiatan siswa.

Sekolah pingiran terpuruk terseok seok dalam menjalankan akitfitas belajar mengajar di sekolah, Peserta didik yang mendaftar kebanyakan tidak memiliki motifasi belajar yansg memadai, tidak fokus dalam belajar karena sibuk bantu orang tua serta melakukan aktifitas lain yang lebih menarik bagi mereka. 

Berkumpulnya peserta didik yang kurang berminat dan tidak memiliki motivasi dalam belajar menimbulkan masalah tersendiri dalam proses belajar mengajar. Memerlukan banyak energi untuk membuat mata mereka terbuka dalam melihat dunia sekitar mereka. Seharusnya ada kebijakan dari Dinas pendidikan mengenai penerimaan siswa baru guna menjaga agar sekolah sekolah non favorit atau sekolah pingiran tetap dapat memiliki siswa yang memadai.


Share:

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Recent Posts

Unordered List

Pages

hermandaulay. Powered by Blogger.

Ads Top

Featured post

Bersiap Diri Menghadapi UKG 2016

hermandaulay Ujian Kompetensi Guru (UKG) 2016 akan dilaksanakan pada bulan November 2016. Ujian kompetensi guru menguji kemampuan guru ba...

Total Pageviews

Blog Archive

Recent

Search This Blog

Comment

Business

Flickr Widget

Breaking News

Beauty

Text Widget

About Syed

My Photo
Ingin memahami sesuatu dengan baik

Formulir Kontak



Followers

Recent

Comments

Most Recent

Random Posts

Facebook

Follow US on Google+

Popular Posts