Monday, October 10, 2016

Mengapa Pelabuhan Kuala Langsa masih Belum juga beroperasi

hermandaulay

Pelabuhan Kuala Langsa sudah lama selesai dibangun. Pada kawasan Pelabuhan Kuala Langsa terdapat juga Pelabuhan Ferry Kuala Langsa yang sekarang sudah terbengkalai, ada area parkir curah yang lebar, dermaga serta jalur kawasan yang sangat dekat dengan jalur pelayaran internasioanl selat malaka serta dekat dengan negara tetanga Malaysia sereta Singapura membuat lokasi pelabuhan Kuala Langsa memiliki arti strategis bagi Aceh khususnya serta Indonesia Umumnya.

Namun setelah dulu pada tahun 2013 sempat beroperasi sebagai pelabuhan rakyat kemudian sekarang pelabuhan kuala langsa terbengkalai. Begitu juga dengan Pelabuhan Ferry kuala langsa yang dibangun pada masa walikota Toke Suum dan diresmikan oleh Walikota Langsa juga sekarang terbengkalai,

Terbengkali pelabuhan curah dan pelabuhan ferry kuala langsa ini tentu saja sangat merugikan perekonomian kota langsa. Padahal pendapatan dari sumber lain sebagai pendapatan PAD kota langsa sangat sedikit. Seharusnya Pelabuhan kula langsa dapat menjadi roda pengerak ekonomi kota langsa. Aktivitas pelabuhan yang rame dengan arus lalu lintas perdagangan akan menjadi mesin pengerak ekonomi bagi masyarakat sekitar pelabuhan maupun bagi kota langsa.

Dengan ramai kapal yang bersandar serta  kegiatan bongkar muat pelabuhan bisa menjadi  mesin pengerak ekonomi kota langsa. Infrastruktur pelabuhan sudah selesai dibangun dengan dana APBN dan APBD yang cukup besar, Bangunan fisik telah selesai dikerjakan sekarang pihak pemko tinggal mengoperasikan saja pelabuhan tersebut sebagai lapangan pekerjaan dan tambahan pemasukan bagi kota langsa.

Pelabuhan kuala langsa akan kah menjadi pelabuhan hantu yang tidak berpenghuni dan tidak ada aktivitas bongkar muat. Tidakah pihak pihak berkompeten memiliki rencana untuk menjalankan pelabuhan kuala langsa ini sehingga lapangan pekerjaan kembali terbuka dan kemiskinan dapat di kurangi.

Tidak mudah memang mengoperasikan sebuah pelabuhan. Pelabuhan kuala langsa bisa menjadi motor pengerak ekonomi bagi kota langsa dan kawasan sekitar. Pemerintahan kota langsa diharapkan serius dalam upaya upaya menjalankan pelabuhan kuala langsa.Jangan ada lagi ada pertanyaan Mengapa Pelabuhan Kuala langsa masih belum beroperasi ?
Share:

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Recent Posts

Unordered List

Pages

hermandaulay. Powered by Blogger.

Ads Top

Featured post

Bersiap Diri Menghadapi UKG 2016

hermandaulay Ujian Kompetensi Guru (UKG) 2016 akan dilaksanakan pada bulan November 2016. Ujian kompetensi guru menguji kemampuan guru ba...

Total Pageviews

Blog Archive

Recent

Search This Blog

Comment

Business

Flickr Widget

Breaking News

Beauty

Text Widget

About Syed

My Photo
Ingin memahami sesuatu dengan baik

Formulir Kontak



Followers

Recent

Comments

Most Recent

Random Posts

Facebook

Follow US on Google+

Popular Posts