Friday, August 5, 2016

Rapat Panas

sumber. google.com

Awal tahun ajaran 2016 - 2017 telah berjalan lebih dari tiga minggu. Hari pertama sampai hari ketiga masuk sekolah tanpa roster dan kegiatan belajar mengajar yang jelas. kemudian hari kamis baru dimulai kegiatan belajar mengajar. Memulai tahun ajaran dengan pembagian tugas dan jam mengajar baru, untuk itu dibutuhkan rapat awal tahun yang baru dilaksanakan  hari kamis 4 Agustus 2016. Mengapa rapat awal semester dilaksanakan tanpa agenda yang jelas,?. Bagaimana dan kapan seharusnya rapat awal semester dilaksanakan sekolah ?

Rapat awal semester sebaiknya dilakukan pada saat hari pertama mulai tahun ajaran baru. Mulai berjalan tahun ajaran baru artinya kegiatan belajar mengajar di sekolah sudah berjalan dan memerlukan unsur unsur pendukung yang saling kait mengkait. Untuk itu diperlukan sebuah rapat yang direncanakan dengan baik serta cermat. Begitu banyak masalah yang telah dialami oleh guru, tata usaha, serta perangkat kepala serta wakil kepala sekolah memerlukan beberapa diskusi guna mencari jalan keluar dari setiap permasalahan. Rapat yang baik mengagendakan beberpa masalah umum, serta memberi kesempatan kepada kepala sekolah untuk menyampaikan beberapa kebijakan serta pandangan beliau untuk 1 tahun ajaran kedepan.

Namun dalam rapat awal semester hari kamis tampak tidak ada agenda yang jelas dari pimpinan rapat serta tidak memiliki tujuan rapat yang jelas. Rapat kali ini dilaksanakan 3 minggu setelah awal tahun ajaran menurut saya ini menunjukan ketidaksiapan sekolah memulai awal tahun ajaran baru ini. menurut wakil kepala kurikulum ada beberapa hal yang menjadi masalah dalam pembagian tugas tahun ini karena masalah kurang jam guru sertifikasi. Kekurangan jam ini dikarenakan kekurangan siswa sehingga kurang ruang belajar sehingga akhirnya guru mendapat tugas mengajar kurang dari 24 jam sehingga harus dicari cara agar permasalahan ini dapat diatasi.

Setelah memanggil beberapa guru sertifikasi kurang jam maka dicari solusi yaitu dengan memberi tugas tambahan sebagai kepala laboratorium IPA, Kepala Laboratorium Multimedia, dan Kepala perpustakaan, kemudian bagi guru biologi yang kurang jam ditambah 1 jam yang dinamakan jam wajib tambahan biologi. setelah selesai semua permasalahan penyusunan jam adalagi masalah yaitu keluar sk dirjen 375 mengenai Kurikulum 13 Mandiri, dimana sekolah termasuk yang ditunjuk melaksanakan Kurikulum k 13.

Dalam rapat,terdengar suara ketidak puasan atas kinerja wakil kepala sekolah kesiswaan dimana, terdapat banyak persoalan yang seharusnya ditangani namun tidak tertangani, kawan kawan berharap agar wakil kesiswaan lebih aktif menaggani siswa bermasalah, bukan sibuk pada urusan uang simbol, uang baju, uang pindah dan uang uang lain, namun tanggapan wakil kesiswaan kurang baik, catatan saya perlu kepala sekolah memikirkan dengan baik mengenai posisi dari wakil kesiswaan ini, karena banyak siswa bermasalah tidak tertangani, pihak kepala sekolah menyalahkan guru wali kelas dan guru mata pelajaran karena tidak mampu menagani siswa, namun guru merasa pihak wakil kesiswaan serta kepala sekolah tidak mendukung terhadap tindakan hukuman disiplin yang diberikan guru kepada siiwa sehingga timbul ketidak puasan dikalangan guru terhadap kinerja wakil kesiswaan.

Sebelum pembicaraan mengenai kinerja wakil kesiswaan yang panas penuh amarah dan rasa taku, maka terlebih dahulu dibicarakan mengenai kebijakan penutupan pintu pagar sekolah jam 07.36  wib oleh pihak satpam sekolah, ada guru yang berpendapat agar kebijakan tersebut dihapus karena setelah berjalan 2 tahun kebijakan térsebut tidak efektif dimana banyak siswa menjadikan terlambat terus pulang kerumah sebagai motif ketidakhadiran di sekolah, siswa lebih memilih terlambat serta tidak di izinkan masuk ke sekolah daripada datang cepat, sehingga seharusnya bagi siswa terlambat di izinkan masuk kepekarangan sekolah lalu diberi beberapa tindakan disiplin. setelah lama mendiskusikan masalah ini kepala sekolah akhirnya tetap memilih cara tutup pintu gerbang, setelah hampir setuju pintu gerbang dibuka namun tiba tiba seorang rekan guru menyerang wakil kepala kesiswaan atas kinerja menagani siswa yang buruk serta hanya berkutat pada urusan urusan manajerial saja. setelah terpojok lalu kepala sekolah memutuskan untuk menutup pintu pagar, kemudian ada muncul ketidakpuasan namun coba menerima serta memberi usul untuk diadakan rapat yang lebih sepeseifik mengenai masalah siswa serta masalah masalah lainnya. demikian dulu

metuah








Share:

Popular Posts

Recent Posts

Unordered List

Pages

hermandaulay. Powered by Blogger.

Ads Top

Featured post

Bersiap Diri Menghadapi UKG 2016

hermandaulay Ujian Kompetensi Guru (UKG) 2016 akan dilaksanakan pada bulan November 2016. Ujian kompetensi guru menguji kemampuan guru ba...

Total Pageviews

Blog Archive

Recent

Search This Blog

Comment

Business

Flickr Widget

Breaking News

Beauty

Text Widget

About Syed

My Photo
Ingin memahami sesuatu dengan baik

Formulir Kontak



Followers

Recent

Comments

Most Recent

Random Posts

Facebook

Follow US on Google+

Popular Posts